Dampak Negatif Penggunaan Energi Nuklir



Energi nuklir untuk saat ini adalah energi alternatif yang menghasikan energi cukup besar yang ada di planet bumi, banyak manfaat dari keberadaan energi nuklir ini selain sebagai pembangkit listrik juga masih banyak kegunaan yang didapatkan dari pemanfaatan energi nuklir secara baik dan benar.

Dampak negatif dari energi nuklir itu terjadi bila energi itu tidak dimanfaatkan sebagaimana mestinya seperti digunakan sebagai alat pem-bom massal yang sangat mematikan. Seperti dulu terjadi di Jepang (Hiroshima dan Nagasaki) yang di Bom oleh sekutu. Panas dari radiasi ini mencapai 4000 derajat celcius. Nyaris tak ada yang bisa bertahan olehnya, semua kehidupan, harta benda, rumah luluh lantak tersapu gelombang radiasi nuklir ini.
Kini,di zaman modern masih terjadi juga dampak yang timbul dari penggunaan energi nuklir. Pasca gempa yang melanda Jepang beberapa bulan yang lalu yang menimbulkan tsunami setinggi 10 meter, beberapa reaktor nuklir yang sejatinya digunakan untuk pembangkit tenaga listrik meledak.

Hal yang paling ditakutkan dari energi nuklir itu adalah mengenai tingkat radiasi yang sangat berbahaya. Dilansir Aljazeera, Senin (14/3/2011), Professor Ilham Al-Qaradawi dari Qatar University memberikan penggambaran dari efek radiasi. “Radiasi memberikan efek ke sel manusia. Bukan hanya membunuh namun jika dosisnya tinggi maka bisa merusak sel, dan menyebabkan kanker,” jelasnya.

Ketika seseorang terkena radiasi, jelas Ilham, efeknya beragam mulai dari kulit merah hingga terbakarnya kulit. Tidak hanya itu bisa membuat muntah-muntah. Bahaya jangka panjang tentu saja kanker.”Kanker yang umumnya terjadi saat terpapar radiasi adalah kanker tiroid dan hanya bisa dilawan dengan tablet potassium iodide,” jelas Ilham, lagi. Meski demikian, Ilham menambahkan jika dalam dosis yang rendah tidak akan membahayakan manusia.

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan tulis pesan, kritik, atau apalah namanya demi kemajuan pendidikan di negeri ini

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes