Uji Kompetensi Guru 2012



Apakah Uji Kompetensi Guru Diperlukan

Kami merilis berita pada harian kompas pada 3 Juli 2012 - uji kompetensi untuk guru diperlukan jika tujuannya untuk meningkatkan kualitas guru. karena itu, uji kompetensi jangan dijadikan "hukuman" untuk menunda atau mencabut tunjangan profesi pendidik.

"Ujian kompetensi bagi guru ini penting. Uji kompetensi ini harus menjadi data awal untuk mengetahui aspek kompetensi mana yang lemah, di sanalah pemerintah harus melakukan langkah-langkah untuk meningkatkan kompetensi guru," kata Ketua Ikatan guru Indonesia Satria Dharma pekan lalu di jakarta.

secara terpisah, Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Sulistiyo mengatakan, uji kompetensi memang harus dilakukan untuk guru, tetapi jangan dikaitkan dengan sertifikasi."Jika pemerintah serius, adakah uji kompetensi untuk semua guru supaya data yang didapat lengkap."

Menanggapi berbagai penolakan guru atas uji kompetensi ini, Satria menyatakan tidak berseberangan."Kami tidak berseberangan dengan teman-teman. Kami justru mendukung upaya kritis itu. sebab, jangan sampai uji kompetensi ini hanya dilakukan untuk menguji satu kompetensi," ujar Satria.

Perubahan PLPG
Peserta sertifikasi guru melalui jalur pendidikan dan latihan profesi guru (PLPG) yang tidak lulus ujian diberikan kesempatan mengulang. kelulusan ujian sertifikasi melalui PLPG ditentukan oleh syarat-syarat tertentu antara lain ujian tertulis dan praktik.
"ini kebijakan dari pemerintah pusat," kata Sutarno, pembantu Rektor I Universitas Sebelas Maret.

Panduan Uji Kompetensi Guru 2012

Untuk membantu teman-teman pendidik dalam mempersiapkan Uji Kompetensi Guru tahun 2012, Silahkan Download panduannya DISINI

Kisi-kisi Uji Kompetensi Guru

Untuk mengetahui kisi-kisi Uji Kompetensi Guru untuk semua pelajaran dan jenjang sekolah, silahkan Download DISINI

3 komentar:

Fadholi said...

Salam kenal, semoga guru Indonesia makin maju dan sejahtera dan bisa semakin meningkatkan kualitasnya sehingga kualitas anak didiknya juga turut meningkat.

Cuaper said...

uji kompetensi guru sangat penting gan, dsekeliling saya banyak sekali guru-guru yang tidak kompeten...
Gabung di situs pertemanan guru Indonesia http://cuaper.tk

rachel said...

thanks,

useful

Post a Comment

Silahkan tulis pesan, kritik, atau apalah namanya demi kemajuan pendidikan di negeri ini

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes